Kamis, 03 November 2016

JENIS-JENIS PERMAINAN BOLA BESAR


Image result for GAMBAR ANIMASI BERGERAK SEPAK BOLA

1.SEPAK BOLA

Sepak bola Menurut Bill Muray, pakar sejarah sepak bola, dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, sepak bola sudah dimainkan sejak awal Masehi. Saat itu orang di era mesir kuno mulai bermain sepak bola dengan menendang dan membawa bola yang terbuat dari kain linen yang dibulat-bulatkan. Meskipun sepak bola modern lebih dikenal berasal dari Inggris, di beberapa negara mempunyai sejarah sepak bola sendiri.

Sekarang tampilan permainan sepak bola telah dikemas lebih modern dengan menggunakan bola yang terbuat dari bahan tertentu sampai pertandingan bola yang resmi dengan peraturan yang berlaku di dalamnya. Organisasi sepak bolapun turut di hadirkan, seperti di indonesia yang mempunyai PSSI atau Persatuan SepakBola Seluruh Indonesia. Organisasi dunia pun juga hadir yang lebih dikenal dengan FIFA atau Federation Internationale de Football Association.


Image result for PERMAINAN BOLA VOLI2. Bola Voli
 
Permainan Bola Voli dikenalkan pada tahun 1985 oleh seorang pembina pendidikan jasmani pada YMCA (Young Men Christian Association) di Kota Holyoke, Massachusetts Amerika Serikat yaitu William G. Morgan. Pada awalnya ia menyebut bola voli sebagai “Minonette”. Namun William mau agar permainan ini dipertandingkan kemudian ia menggantinya dengan “Volley Ball”.

Indonesia sendiri mengenal voli pada tahun 1982 pada zaman penjajahan Belanda. Kemudian pada tanggal 22 januari 1955 PBVSI (persatuan bola voli seluruh indonesia) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional bola Voli yang pertama. Induk organisasi dunia bernama IVBF atau internasional volley ball federation.

Image result for ANIMASI BERGERAK PERMAINAN BASKET
3.Basket

Basket diperkenalkan pada tahun 1891, oleh Dr. James Naismith, seorang guru Olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts. Ia mulanya terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891. Sedangkan awal mulanya basket masuk ke Indonesia pada tahun 1984.
Saat itu basket mulai dikenalkan oleh pedagang Cina yang berdagang di Indonesia. Mereka yang berdagang ke Indonesia adalah kelompok menengah kaya yang memilih olahraga dari Amerika itu sebagai identitas kelompok Cina modern. Pada tahun 1955 Indonesia meresmikan Organisasi bola Basket seluruh Indonesia di berinama PERBASI atau persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia. Sedangkan organisasi dunia bernama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar